(ISC)2 CISSP Certified Information Systems Security Professional Official Study Guide

(ISC)2 CISSP Certified Information Systems Security Professional Official Study Guide

B. Arab Tuliskan dan jelaskan sifat wajib bagi seorang rasul

Tuliskan dan jelaskan sifat wajib bagi seorang rasul

Jawaban:

1. As-Siddiq.
2. Al-Amanah.
3. At-Tabligh.
4. Al-Fatanah.

Penjelasan:
1. As-SiddiqSifat wajib pertama yang dimiliki oleh Rasul adalah As-Siddiq yang berarti selalu benar atau jujur. Semua Rasul Allah SWT tidak pernah berbohong baik kepada Allah SWT ataupun kepada manusia. Semua perkataan yang terucap dari mulut Rasul selalu benar dan jujur. Sifat ini tertulis dalam Alquran Surat Maryam ayat 41.
2. Al-AmanahKedua, sifat wajib yang dimiliki oleh Rasul adalah Al-Amanah yang berarti dapat dipercaya. Sifat Al-Amanah pada Rasul memiliki arti bahwa Rasul dapat dipercaya. Mulai dari perkataannya, hingga perbuatannya semua dapat dipercaya. Sifat ini tertulis dalam Alquran Surat Asy-Syu’ara ayat 106-107.
3. At-TablighKetiga adalah At-Tabligh yang berarti menyampaikan wahyu Allah SWT. Semua wahyu yang diberikan oleh Allah SWT selalu Rasul sampaikan semuanya kepada umatnya. Tidak ada satu wahyu pun yang disembunyikannya.
4. Al-FatanahTerakhir, Al-Fatanah atau yang berarti Rasul memiliki kecerdasan yang tinggi. Sifat ini wajib dimiliki oleh Rasul demi memerangi dan mengajak mereka yang masih enggan berjalan di jalan Allah SWT. Selain itu, dalam menyampaikan wahyu dari Allah SWT, Rasul membutuhkan strategi, diplomasi, serta kemampuan khusus agar dapat diterima oleh kaumnya. Sifat ini tertulis dalam Alquran Surat Al-An’am ayat 83.

As-Siddiq(benar/jujur)

Sifat Pertama Rasul adalah As-Siddiq yang berarti selalu benar dan jujur semua rasul allah swt tidak pernah berbohong sedikit pun baik kepada Allah SWT maupun manusia perkataan rasul yang diucapkan selalu benar dan jujur

Al-amanah(percaya/yakin)

Sifat Kedua Rasul adalah Al-Amanah yang berarti percaya pada percaya pada perkataannya mulai dari percaya perkataan sampai perbuatan rasul Allah swt

At-Tabligh

sifat Ketiga Rasul adalah At-Tabligh yang berarti menyampaikan wahyu Allah SWT. Semua wahyu yang diberikan oleh Allah SWT selalu Rasul sampaikan semuanya kepada umatnya. Tidak ada satu wahyu pun yang disembunyikannya

Al-fatanah

Sifat Keempat Rasul adalah Al-fatanah Terakhir, Al-Fatanah atau yang berarti rasul memiliki kecerdasan yang tinggi. sifat ini wajib dimiliki oleh Rasul demi memerangi dan mengajak mereka yang masih enggan berjalan di jalan allah SWT. Selain itu, dalam menyampaikan wahyu dari allah SWT, rasul membutuhkan strategi, diplomasi, serta kemampuan khusus agar dapat diterima oleh kaumnya.

memang rasul memperoleh sifat yang dibilang cukup hebat

[answer.2.content]